Healthy Tips

Apakah minum Air Dingin mempercepat metabolisme Anda? Ini Jawabannya

Saya seringkali ditegur ketika meminum air dingin, pertanyaan seperti “kok minumnya air dingin sih? Kan nggak bagus untuk kesehatan.”

Mungkin, bukan cuman saya, tapi banyak juga diantara Anda yang sering mendengar atau bahkan mengucapkan hal seperti ini, terutama para orang-orang tua. Well, jujur saja, walaupun agak gimana gitu pas dengarnya, tapi akhirnya saya cuek saja. Soalnya saya hampir tidak bisa hidup tanpa air dingin.

Tapi, karena keseringan ditegur, akhirnya saya mencari research dan fakta seputaran air dingin. Menurut praktisi Ayurvedic dan juga praktisi ilmu pengobatan Tiongkok,  “air dingin malah memperlambat sistem pencernaan dengan membatasi aliran darah ke lambung dan usus serta memperlambat sekresi enzim. Hal ini menyebabkan metabolisme yang lebih lambat.”

Klaim tadi berasal dari praktisi ilmu pengobatan timur,  jadi saya mencoba mencari tahu apakah memang ada research faktual (cth: dari professor atau doktor) ilmu pengobatan barat untuk hal ini. Tapi saya tidak menemukan adanya research yang konkrit sih.

Di sisi lain, ada sumber dari Universitas Washington yang menyatakan kalau ada keuntungan minum air dingin, karena tiap gelas air dingin (di hampir suhu beku) itu membakar 8 calorie. Jadi, kalau anda minum 8 gelas air per hari, Anda bisa membakar 64 kalori. 

Karena masing-masing preferensi orang berbeda, jadi sebenarnya terserah Anda sih, Anda mau minum air dengan suhu seperti apa.

Related Articles

Kenapa Sweet Potato sangat dicintai oleh orang yang DIET

admin

Leave a Comment